Pantai Gua Cemara, Menikmati Semilir Bayu di Rongga Gua

pantai-goa-cemara-17

Tak harus turun ke perut bumi, kini di Pantai Gua Cemara pun kamu bisa merasakan sensasi seperti berada di rongga gua. Bedanya atap dan dinding gua bukanlah terbuat dari batuan karst, melainkan ranting dan daun cemara yang berdiri rapat dan saling terkait sehingga membentuk lorong-lorong indah.

Semilir bayu yang menerobos di sela batang pohon cemara menerpa wajah sehingga mencipta suasana sejuk. Layaknya berjalan di dalam rongga gua, ranting–ranting cemara yang saling berkelindan membentuk lorong mengantarkan pandangan mata pada bibir pantai. Silau akibat sinar mentari keemasan yang terpantul di permukaan air laut dan tergulung ombak menyambut kamu di ujung deretan cemara.

Hamparan hutan cemara yang ada di pantai ini tidaklah tumbuh begitu saja. Sejak awal pohon cemara ini memang di memang dibudidayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan dibantu warga sekitar. Penanaman pohon cemara ini bertujuan untuk menahan tiupan angin laut yang mengandung asam. Tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak sistem perakaran, sehingga pertumbuhan tanaman para petani menjadi terhambat. Budidaya tersebut sebagai pendukung Program Pengembangan Areal Tanam (PAT) Kabupaten Bantul tentang pemanfaatan lahan di pesisir pantai selatan.

Namun setelah bertahun-tahun berlalu, deretan pohon cemara yang semakin besar dan rimbun justru menciptakan pesona tersendiri. Ranting dan dedaunan yang saling terkait menciptakan lorong-lorong rahasia layaknya sebuah gua. Orang pun lantas berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan dan keasrian “gua cemara” ini. Atas dasar itu pula pantai ini dinamai Pantai Gua Cemara.

Lokasi-dan-Akses-Pantai-Gua-Cemara

Pantai yang masih satu garis dengan Pantai parangtritis ini merupakan tempat yang menarik untuk menikmati sore dengan pasangan. Pantai Gua Cemara juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini kamu bisa mengadakan picnic party. Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, lantas menggelar tikar dibawah rimbun dedaunan sembari berfoto dengan latar belakang lorong cemara.

Rimbun pohon cemara yang membentuk lorong gua tersebut menjadi daya pikat tersendiri bagi para penggiat fotografi. Komposisi garis dan sinar mentari yang menerobos jatuh di wajah menciptakan nuansa kedalaman gambar. Gelap terang cahaya yang tercipta akan menjadikan hasil jepretan semakin menarik. Tak heran jika akhirnya tempat ini juga menjadi salah satu spot favorit pembuatan foto pra-nikah.

Jika ingin melihat hamparan pesisir selatan dari ketinggian, kamu bisa berjalan menuju mercusuar di timur pantai Goa Cemara. Menara tersebut menjadi suluh bagi para nelayan yang mencari ikan di sepanjang laut selatan. Sembari menaiki anak tangga mercusuar tersebut, kamu bisa melayangkan pandang ke segala penjuru, melihat lahan pertanian buah naga serta kolam-kolam budidaya udang di sekitar pantai selatan.

Meninggalkan area pantai, kamu bisa berjalan ke arah barat dari warung-warung makanan. Puluhan Solar Panel berjajar di belakang gardu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Panel tersebut berfungsi untuk memusatkan energi surya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Hal ini sebagai langkah untuk mengurangi dampak emisi beberapa pembangkit listrik berbahan fosil.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Gua Cemara

  • Photo Session
    Berkembangnya komunitas fotografi di instragram menjadikan orang berbondong-bondong memburu lokasi unik untuk diabadikan dalam sepotong gambar. Begitu halnya dengan Pantai Gua Cemara yang ditumbuhi pohon cemara. Lorong-lorong gua yang tercipta dari ranting-ranting cemara menjadi destinasi utama untuk diabadikan dalam visual fotografi kekinian guna mendulang “hati merah” dari follower. Tidak jarang terlihat beberapa pasangan membuat foto pra nikah di lokasi ini. Kamu pun bisa membuat foto levitasi dengan berpose seakan terbang menembus lorong waktu. Pantai Goa Cemara memang cocok buat kamu yang doyan memotret.
  • Hammocking
    Jika hanya ingin bersantai menikmati suasana pantai dan semilir angin, kamu bisa membawa hammock dari rumah. Duduk santai berayun di bawah pohon cemara sambil membaca buku atau bersenda – gurau bersama sahabat akan menghilangkan penat akibat tuntutan pekerjaan. Jika lapar kamu bisa membeli makanan ringan di warung-warung sebelum memasuki bibir pantai, tapi jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. By the way, duduk di hammock berdua sembari menikmati senja nan jingga itu sangat romantis lho. Berminat mencoba?
  • Susur Pantai
    Berbeda dengan pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang dipisahkan oleh perbukitan karst, tiap-tiap pantai-pantai di Bantul justru tidak memiliki bukit sebagai pembatas. Di kawasan ini pasir terhampar luas dan sangat panjang. Yang menjadi penghalang biasanya hanyalah semak dan perdu. Jika mau, kamu bisa berjalan menyusuri bibir Pantai Gua Cemara menuju Pantai Kuwatu, dan Pantai Baru. Bahkan jika energimu berlebih kamu juga bisa berjalan ke arah Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, hingga Pantai Parangtritis. Sepanjang perjalanan kamu akan menjumpai kapal nelayan yang bersandar. Jika berjalan pada pagi hari, kamu bisa membeli ikan langsung dari para nelayan yang bersandar setelah melaut.
  • Naik ATV
    Mengendarai ATV adalah pilihan jika kamu ingin mencari suasana berbeda dalam menikmati pesisir pantai. Dengan mengendarai kendaraan beroda tiga ini, kamu bisa menguji adrenalin sembari menaklukkan gundukan-gundukan pasir hingga menyentuh bibir pantai. Jika tertarik mencoba aktivitas ini, kamu bisa menyewa ATV yang telah disediakan oleh pengelola pantai.
  • Sunset Seeing
    Meski terdengar klise, pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam di ufuk barat. Menikmati senja di pantai bersama pasangan akan menjadi momen romantis yang membekas di hati. Warna langit yang merona jingga menciptakan suasana syahdu dan romantis. Di Pantai Gua Cemara, kamu bisa memanfaatkan batang pohon cemara sebagai tempat duduk atau memasang hammock. Namun jika kamu ingin lebih menyatu dengan pantai, kamu bisa duduk di atas pasir dan memandangi matahari yang perlahan turun ke peraduan.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Gua Cemara

Pantai Gua Cemara terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer ke arah selatan. Berhubung tidak ada trayek kendaraan umum untuk mencapai pantai ini, mau tak mau kamu harus menggunakan kendaran pribadi atau Go-jek. Rute menuju Pantai Gua Cemara sangatlah mudah. Jika berangkat dari Yogyakarta, ambilah rute menuju Kabupaten Bantul. Setelah sampai di pusat kota Bantul, kamu lurus terus ke arah selatan (Pantai Samas) hingga mendapati ruas jalan baru lintas selatan yang rencananya akan tembus hingga Gunung Kidul. Pantai Gua Cemara berada 2 kilometer ke arah barat Pantai Samas.

Harga Tiket

Tiket masuk ke kawasan Pantai Gua Cemara sebesar Rp. 5.000 per orang.

Tempat Wisata dan Lokasi Asik di Sekitar Pantai Gua Cemara

  • Pantai Samas
    Pantai Samas terletak di sebelah timur Pantai Gua Cemara dan menjadi muara Sungai Opak. Akibat terjadi ombak besar pada tahun 2013 lalu, muara sungai yang dulunya tertutup akhirnya membentuk sebuah laguna. Di sekitar laguna tersebut terdapat hutan mangrove. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000, kamu bisa naik kapal nelayan menyusuri hutan mangrove di sepanjang laguna. Merasakan desir angin dan melihat aneka burung yang menjadikan hutan mangrove sebagai habitatnya akan menjadi pengalaman wisata edukasi yang menyenangkan.
  • Pantai Kuwaru
    Terletak tidak jauh dari Pantai Gua Cemara, terdapat Pantai Kuwaru. Di tepi pantai ini tumbuh pohon cemara udang yang berfungsi sebagai penahan abrasi sekaligus sebagai peneduh. Selain bisa bersantai bersama kawan dan keluarga, di pantai ini kamu juga bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan untuk di bawa pulang kerumah.
  • Pantai Baru
    Tidak usah jauh-jauh ke Belanda untuk melihat kincir angin, melainkan cukup datang ke Pantai Baru. Di pantai ini kamu bisa melihat langsung puluhan kincir angin yang berufungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Baru menjadi daerah percontohan pengembangan sumber listrik terbarukan sebagai upaya pengurangan pemanasan global. Deretan kincir angin yang berputar tatkala tertiup sang bayu akan menjadi pemandangan lain di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta.
  • Mercusuar Pandansari
    Mercusuar Pandansari terletak 20 meter dari Pantai Goa Cemara, menara ini berfungsi sebagai penanda para nelayan yang akan menepi untuk membeli bahan bakar atau sekedar menepi untuk beristirahat. Dengan membayar Rp. 5.000 kamu bisa menaiki menara ini, melayangkan pandang melihat garis pantai selatan.

 

sumber : https://www.maioloo.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s